Selasa, 02 Oktober 2012


Hari batik nasional
Hari batik nasional diperingati tanggal 02 oktober sudah di tetapkan oleh UNESCO di hari dan bulan itu, bahwa batik adalah kepunyaan Indonesia. Untunglah unesco menetapkan atau mengesahkan legalitas hari batik sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia bukan mengakuinya.
hari batik nasional ( pict: lampungzone)

Indonesia patut bangga, saya juga bangga warisan bangsa ini memiliki banyak keunikan terutama di kain batik, tapi di hari batik ini saya belum memakai batik sangat disayangkan sih, padahal tadi sudah ada yang bikin status di pagi hari sebelum saya masuk kerja. Namun namanya juga lupa, di hari batik nasional ini tetap saya cinta akan batik walaupun gak pake batik.





Tentang UNESCO Dan Tujuannya
Wajar saja unesco adalah Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (bahasa Inggris: United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization, disingkat UNESCO) merupakan badan khusus PBB yang didirikan pada 1945. Tujuan organisasi adalah mendukung perdamaian dan keamanan dengan mempromosikan kerja sama antar negara melalui pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya dalam rangka meningkatkan rasa saling menghormati yang berlandaskan kepada keadilan, peraturan hukum, HAM, dan kebebasan hakiki. (Artikel 1 dari konstitusi UNESCO).

UNESCO memiliki anggota 191 negara. Organisasi ini bermarkas di Paris, Perancis, dengan 50 kantor wilayah serta beberapa institut dan pusat di seluruh dunia. UNESCO memiliki lima program utama yang disebarluaskan melalui: pendidikan, ilmu alam, ilmu sosial & manusia, budaya, serta komunikasi & informasi. Proyek yang disponsori oleh UNESCO termasuk program baca-tulis, teknis, dan pelatihan-guru; program ilmu internasional; proyek sejarah regional dan budaya, promosi keragaman budaya; kerja sama persetujuan internasional untuk mengamankan warisan budaya dan alam serta memelihara HAM, dan mencoba untuk memperbaiki perbedaan digital dunia.
Batik dan Hari Batik Nasional
Batik sudah kita kenal dengan coraknya di kain-kain khusus semisal di selendang, kain samping, Batik adalah salah satu cara pembuatan bahan pakaian. Selain itu batik bisa mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. Dalam literatur internasional, teknik ini dikenal sebagai wax-resist dyeing. Pengertian kedua adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut, termasuk penggunaan motif-motif tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober, 2009.

Keterangan batik dan sejarah Unesco di atas adalah kutipan dari Wikipedia Indonesia bila ingin tau lebih lengkap bisa langsung ke wiki, hari batik nasional belum menyeluruh menurut saya, artinya belum banyak orang yang tau baik kampanye dari pemerintah atau dari diri kita untuk memberikan tambahan informasi. Apakah rasa nasionalisme kita sudah berkurang? Bila itu pertanyaanya mungkin dengan kenyataan kurangnya kesadaran kita untuk memakai batik di hari batik itu gambarannya? .

Saya rasa tidak mutlak juga bukan menjadi acuan untuk mengukur sebuah rasa nasionalisme seseorang terhadap bangsanya. Namun ini adalah realita yang ada, dan tanggung jawab pemerintah seharusnya ada untuk berperan penting setidaknya ada shounding terhadap rakyatnya bahwa hari ini adalah hari batik nasional, sudah di akui dunia.

Sumber: GenkSukaSuka


43 komentar:

  1. Wah beruntung saya kemarin menggunakan baju batik, secara tidak langsung saya melangsungkan perayaannya meski sendiri


    go Indonesia... !!!!

    BalasHapus
  2. Selamat hari batik, wah gak nyangka ada juga yg ngepost hari batik :)

    BalasHapus
  3. backgroudnya corak batik...
    love BATIK

    BalasHapus
  4. Indonesia jaya !!!!

    I <3 Indonesia

    BalasHapus
  5. i love batik...salah satu identitas kebanggaan bangsa Indonesia :)

    BalasHapus
  6. Semoga batik bisa menjadi kebangaan indonesia dan terkenal diseluruh dunia

    BalasHapus
  7. wahhh hari batik nasional ya.... duuhhh baru tau ane sob... tapi dalam seminggu ane sring pake batik kog sob...

    jadi bangga dah dengan batik nih.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia nih sobat... lau udah di kampus mang lebih keren pake batik sobat....
      tapi karena ane suka aja deh.....

      Hapus
    2. wah karena udah suka sama batik jd makin keren :D

      Hapus
    3. heheh bener banget tuh sobat....

      Hapus
    4. balik lagi sobat.. kog belum ada yang baru nih...

      ditunggu nih yang barunya.... :D

      Hapus
  8. Saya kemarin lupa kalo hari batik,jadi tidak ikutan pakai baju batik :-(

    BalasHapus
  9. Emmmm maaf OOT mas, blog kamu kan blogazine, kalau di buat responsive itu sulit banget mas......

    Kalau punya saya kan hanya templatenya ajah yang blogazine......

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh jadi begitu mas, makasih ya mas pencerahannya :D

      Hapus
  10. ada postingan baru di blog saya nih sobat... silahkan berkunjung :D

    BalasHapus
  11. kunjungan sore sob.. untuk mempererat silaturahmi

    BalasHapus
  12. Kunjungan tengah malam,,happy bloging

    BalasHapus
  13. Hahahahahahaha...keren deh

    BalasHapus
  14. jalan-jalan ke blog sahabat nyari postingan baru tapi belum ada neh!

    BalasHapus